DPM-PTSP KABUPATEN TAKALAR

Nurdin Abdullah: Tambang Galian C Penyebab Elevasi Air di Bendungan Bili-Bili Meningkat

Kamis, 24 Jan 2019 | 05:37:15 WIB - Oleh Administrator


Nurdin Abdullah: Tambang Galian C Penyebab Elevasi Air di Bendungan Bili-Bili Meningkat

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah mengaku derasnya luapan air yang terjadi di Sungai Jeneberang tidak hanya soal curah hujan yang ekstrem, melainkan banyaknya aktivitas tambang disepanjang bantaran sungai. Hal tersebut setelah dirinya melakukan pemantauan langsung dengan menggunakan helikopter. 
Mantan Bupati Bantaeng dua periode ini mengaku akibat tambang galian C, membuat adanya pendangkalan.
"Jadi, level air sudah sangat jauh turun. Cuman memang permasalahannya adalah pendangkalan. Salah satu penyebab yang kita duga adalah tambang galian C. Itu banyak sekali di Sulsel," katanya saat ditemui di kantor Gubernur Sulsel
Menurutnya, aktivitas tambang dengan menggemburkan tanah dan batuan yang ada di sungai sangat memberi dampak ketika terjadi hujan. Sehingga dirinya bersikap akan melakukan kajian dengan Pemda Gowa agar Bendungan Bili-bili bisa bertahan.
"Kita akan tinjau (izin) galian tambang. Kita akan buat kajian. ternyata penambang itu luar biasa banyaknya di Sulsel, nah inilah yang penyumbang sendimen yang masuk ke Cekdam (bendungan) Bili-bili," tegasnya.
Lebih lanjut, Nurdin mengatakan Bendungan Bili-bili mempunyai fungsi multipurpose atau serba guna. Sehingga pihaknya akan intensifkan pemeliharaan dan pengerukan mengigat curah hujan akan terus terjadi beberapa hari ke depan.
Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah memastikan salah satu penyebab banjir di Sulsel adalah operasi tambang galian tipe c yang ada di Gowa.

Andi Khaerul
 



Jumat, 08 Feb 2019, 05:37:15 WIB Oleh : Administrator 391 View
Bupati Takalar Resmikan Puskesmas Bontomangape
Jumat, 08 Feb 2019, 05:37:15 WIB Oleh : Administrator 232 View
Kado Istimewa Hari jadi Takalar ke-59, Bupati Takalar Realisasikan Program Nikah Gratis
Kamis, 07 Feb 2019, 05:37:15 WIB Oleh : Administrator 189 View
Perayaan HUT Takalar Ke-59, Pemda Bakal Hadirkan Gerakan Bersedekah 1000 Masyarakat Miskin

Tuliskan Komentar